Anggota Polsek Muara Gembong: Debit Sungai Citarum Naik Namun Masih Aman


Polres Metro Bekasi – Anggota Polsek Muara Gembong Aiptu Muji melaksanakan pengecekan dan pemantauan ketinggian debit air sungai citarum, di Dermaga Kampung Biyong Desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Sabtu (12/3/2022).

‘’Ini merupakan kegiatan rutin, cek dan pantau tinggi debit air,’’kata Muji.

Ia menjelaskan, pengecekan tersebut dilakukan untuk antisipasi dini banjir karena musim penghujan yang sedang berlangsung, mengingat kecamatan muara gembong merupakan daerah yang dilalui sungai citarum dan juga muara sungai yang menuju ke laut.

‘’Ada kenaikan debit air akibat pasang laut, namun masih normal,’’ ucapnya.

Muji mengungkapkan, hasil pengecekan tinggi debit air terlihat naik akibat dari pengarugh pasang laut. Namun kondisi tersebut masih normal karena naiknya debit air bukan berasal dari curah hujan  maupun limpasan atau air kiriman dari daerah hulu.

“Jika (Debit air) meninggi akibat curah hujan atau air kiriman dari maka kami beri peringatan dini ke masyarakat,” tukasnya

Muji juga selalu menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pinggir sungai Citarum untuk mengingatkan agar tidak membuang sampah ke sungai serta tetap waspada dengan curah hujan yang tinggi.

“Jangan buang sampah ke sungai, waspada banjir ketika curah hujan tinggi,” pungkasnya.

Lebih baru Lebih lama