Lima Langkah Pencegahan Hadapi Lonjakan Varian Omicron



Polres Metro Bekasi - Tren kenaikan Covid-19 varian Omicron belakangan ini memicu kekhawatiran di masyarakat karena lebih cepat menular. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko penularannya.

Penelitian awal menunjukkan efikasi vaksin Covid-19 dosis lengkap cukup baik dalam memberikan perlindungan terhadap kasus Omicron. Oleh karena itu, melengkapi vaksinasi menjadi salah satu langkah penting untuk menghadapi lonjakan kasus Omicron.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (6/2/2022), ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi lonjakan varian Omicron.

1. Selalu Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Untuk mencegah penularan virus Corona, setiap orang diharuskan selalu memakai masker saat di luar rumah. Selain itu, gantilah masker jika sudah kotor atau rusak dengan masker yang baru.

Sejumlah ahli mengatakan, memakai masker dengan benar dapat melindungi diri dari risiko tertular penyakit sekaligus menularkan penyakit ke orang lain.


2. Tunda Bepergian

Bila tidak ada keperluan mendesak, Anda sangat disarankan untuk menahan diri tidak bepergian ke negara atau daerah dengan transmisi penularan kasus Omicron yang tinggi.

Sebaiknya manfaatkan waktu luang di rumah bersama keluarga untuk saling menjaga dan mengurangi risiko penularan varian Omicron.


3. Olahraga Rutin

Rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda pun bisa kuat melawan paparan virus Corona.

Tak hanya itu, mencukupi waktu tidur, menghentikan kebiasaan merokok, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol turut membantu dalam menjaga imunitas tubuh.


4. Penuhi Asupan Gizi Seimbang

Memenuhi asupan gizi seimbang tentunya diperlukan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari beragam penyakit, termasuk virus Corona. Arti dari asupan gizi seimbang adalah konsumsi makanan dan minuman yang mengandung beragam nutrisi sesuai kebutuhan.

Jadi, ketika Anda mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, jangan lupa untuk menambahkan lauk pauk dari protein hewani atau nabati seperti daging ayam atau tempe.


5. Konsumsi Buah Tinggi Vitamin C

Vitamin C diketahui memiliki peran penting dalam memperkuat daya tahan tubuh. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan vitamin C tinggi, seperti jeruk, mangga, pepaya, dan kiwi.

Selain itu, jambu biji juga dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik, bahkan kandungan vitamin C-nya lebih tinggi daripada buah lainnya. Anda dapat mengonsumsi jambu biji secara langsung setelah dibersihkan atau diolah menjadi jus.

Lebih baru Lebih lama